Warga Samarinda Lihat Jelas Meteor Gemini

Samarinda - Meteor Gemini terlihat jelas melintas di langit kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Puluhan warga Samarinda sengaja datang menyaksikannya di kawasan Tepian Sungai Mahakam, Jl Gadjah Mada, sambil menikmati hidangan jajanan kaki lima, mulai dari Lamin Etam Rumah Dinas Gubernur Kaltim hingga Kantor PT PLN Cabang Samarinda.

Pantauan detikcom, warga mulai ramai berjejer di kawasan Tepian Sungai Mahakam sejak puku 23.00 Wita. Meteor Gemini terlihat mulai pukul 00.05 Wita. Warga Samarinda yang didominasi remaja itu pun kagum setelah melihat meteor Gemini melintas tidak sampai 1 detik itu.

"Saya lihat 5 kali. Beruntung langit cerah, nggak mendung," kata Wawan, warga Jl Pangeran Antasari, saat ditemui detikcom, Minggu (13/12/2009) dinihari.

Menurut Wawan, kabar meteor Gemini terlihat di langit diketahuinya di pemberitaan siaran televisi. Untuk itu Wawan mengaku ingin membuktikan meteor tersebut juga terlihat di langit Samarinda.

"Ternyata benar ada," ujar Wawan girang.

Senada dengan Wawan, warga lainnya, Aripin, mengaku melihat 3 kali meteor Gemini dengan mata telanjang sekitar pukul 00.30 Wita. Tidak hanya melihatmya, Aripin juga mengaku mengajukan satu permintaan, seketika setelah melihat meteor Gemini yang pertama.

"Semoga sukses dalam pekerjaan saja, Mas," ujar Aripin, sambil tersenyum.

Di kawasan Tepian Sungai Mahakam, memang warga dapat dengan leluasa memandang langit di atas Samarinda, seperti berada di tengah tanah lapang.

"Saya pikir tempat yang bagus lihat meteor ya di sini (pinggiran Mahakam) sambil makan jagung bakar," imbuh Aripin.

Seperti diberitakan sebelumnya, peneliti utama LAPAN Bandung Thomas Jamaluddin mengatakan, hujan meteor Gemini muncul dikarenakan memang terdapat rasi bintang Gemini. Pemandangan indah tersebut akan menghiasi langit, Minggu (13/12/2009) dinihari hingga 17 Desember 2009 mendatang.

(anw/anw)

sumber : www.detiknews.com