Pengembangan sinar laser Hijau tawarkan lebih hemat energi untuk laptop dan ponsel


green-laserNegeri tirai bambu memang tak pernah kehabisan inovasi. Setiap hari selalu saja ada gebrakan teknologi yang baru dan menarik untuk kita ketahui. Sepertinya ini memang langkah agar terobosan baru bisa memberikan kontribusi apalagi di berbagai bidang yang membutuhkan perangkat-perangkat teknologi yang canggih.
QD Laser, salah satu perusahaan ternama di Jepang kini baru saja mengembangkan sinar laser hijau yang manaa dapat diintegrasikan dengan penjualan HD proyektor pico. Sinar laser hijau ini memiliki diameter 5.6mm dan mengeluarkan output 532 nanometer.
Sinar laser hijau ini pertama kalinya dipertunjukkan di CEATEC. Pihak QD sendiri menjelaskan bahwa sinar laser hijau ini agak sulit memang untuk diciptakan. Nantinya sinar laser ini akan digunakan untuk perangkat telekomunikasi dan juga laptop karena selain mengkonsumsi energi lebih sedikit dan suhu pengoperasiannya juga cukup rendah.
Rencananya sinar laser hijau ini akan diproduksi secara beramai-ramai tahun depan, dengan harapan nantinya setiap sinar laser yang digunakan akan dikenai biaya 10 USD atau sekitar 100 ribu rupiah saja, ini tentu akan lebih murah bila dibandingkan dengan produk sejenis yang ditawarkan oleh pihak Corning. Hmmm, kita tunggu saja kabar selanjutnya ya.

sumber : beritateknologi.com