Rumah 'Indonesia Indah'


Rumah 'Indonesia Indah'
Farabi Fakih
Peresmian perumahan Kota Legenda di samping jalan tol Jakarta-Cikampek pada tahun 1996, mungkin menjadi salah satu penanda era baru dalam imajinasi Indonesia. Kota Legenda adalah perumahan "jalan-jalan" pertama Indonesia. Gaya rumah dan menawarkan berbagai kitsch: Anda dapat membeli rumah bergaya Kolonial Amerika, Eropa atau Jepang klasik. Ini dijanjikan: dunia dalam genggaman tanpa harus meninggalkan Indonesia sama sekali. Tetapi juga diinginkan oleh kelas menengah Jakarta sebagai akibat dari perubahan yang dialami oleh Indonesia dan kelas menengah sejak tahun 1985, yang mengakibatkan sebuah fragmentasi imajinasi identitas baru, yang pada gilirannya akan mempengaruhi imajinasi akan juga Indonesia sendiri.

Imajinasi adalah fondasi utama penciptaan masyarakat, [1], khususnya orang-orang yang melampaui atau melebihi kelokalitasan kota, desa, atau komunitas di mana dia tinggal. Indonesia sebagai negara-bangsa telah diciptakan sebagai akibat dari perubahan teknologi yang memudahkan orang untuk membayangkan bahwa ia adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar. Seiring dengan perubahan teknologi komunikasi dan transportasi, dalam sebuah ledakan bentuk-bentuk masyarakat imajiner baru, mungkin ada apa yang disebut Arjun Appadurai sebagai "pencabutan tentang wilayah imajinasi".

Imajinasi model baru ini adalah translokal dan deteritorial; imajinasi seseorang hari ini yang sering tidak dapat dipetakan pada setiap entitas lokal; identitas seorang imigran dari Uganda dengan etnis India di Amerika Serikat yang menonton film Hindi, identitas asrama sekolah anak-anak dari Garut sedang mendengarkan kaset - kaset khotbah dari Osama bin Laden di Afghanistan dan membayangkan sebuah masyarakat Islam internasional: dia adalah siapa? Pertanyaan berikutnya: Apa dan siapa Indonesia? Sementara postmodern dan postkolonial imajinasi adalah sepenuhnya meninggalkan negara-bangsa; bagaimana kita harus memahami "Indonesia"? Setidaknya, bagaimana kita harus memahami bahwa Indonesia sebagai negara telah dibangun oleh Orde Baru itu sendiri? Bagaimana bentuk imajinasi sendiri dan apa yang mendorong?
baca lebih lanjut>>>CLIK DI SINI
MO........ cari yg eXtremmm............>>>DISINI
>>>>>>>>>>>>DI SINI JG ADA>>>>>>>>>>>